Selasa, 15 Desember 2009

Episode 12: Final term summary

Huff... Akhirnya UAS master selesai juga. Dan seperti yang aku duga, UAS ini sama beratnya seperti UTS... Aku juga bisa mendengar suara master ngorok di kamarnya. How nostalgic... Kelihatannya aku sendirian harus mengambil alih jaysama nih. Jadi bagi kalian yang kecewa membaca episode 8, kalian boleh skip episode ini. Karena aku juga hanya akan menceritakan mengenai 7 hari UAS master...

1st day -> Etika:
Bahan untuk UAS etika kali ini sedikit memberatkan master. Karena bahannya adalah 40 halaman paket, tetapi bukan hanya karena itu saja. Master kehilangan fotokopian etika Meliana yang telah ia pesan dari temannya sebelumnya... Alhasil master harus membaca semua yang terdapat di paket.

1 hari cukup untuk master pelajari semuanya, akan tetapi... T.T master hari ini harus pergi meninggalkanku karena ia masih ada rapat LCP di kampus... Ia pun menawarkan diri untuk menemani Meliana yang menunggu jemputan. Wah baik sekali ya master... Meskipun waktunya mepet tetapi akhirnya master mampu menyelesaikan membaca semuanya. Hebat sekali master... You truly amaze me...

Namun ketika UAS usai master kecewa dengan jerih payahnya... Mengapa? Karena ternyata catatan Meliana yang lebih sedikit dari paket tersebut justru lebih akurat dan berguna daripada 40 halaman paket... Tetapi master masih bisa mengerjakan semuanya terima kasih kepada orang mati kali ini...

2nd day -> Filsafat agama:
Dari semua UAS yang ada, UAS inilah yang paling gampang. Mengapa? Karena pak dosen begitu baiknya memberikan soal - soal yang akan keluar kepada murid - muridnya... ^^ terima kasih pak dosen...

Sekitar pukul 4 sore master meninggalkanku lagi T.T ... Untuk konsultasi mengenai jurusan yang akan diambil di semester 2. Master sudah berpegang teguh pada IF (informatika) sejak dulu. Dan pendiriannya tak pernah berubah... Master memang tegas...

Seperti prediksiku, master menunjukkan muka bahagia ketika pulang karena UASnya lancar tanpa hambatan... Senangnya melihat master bahagia...

3rd day -> Algoritma dan pemrograman:
Bila waktu UTS master berjuang keras dalam DSK, di UAS ini master berjuang keras di pelajaran ini. Ia mengerjakan tugas optional yang diberikan asdos praktikumnya dari jam 4 sore hingga jam 10 malam. Aku senang karena master seharian menyentuhku ^^ akan tetapi, wajah master terlihat lesu, ia memegang kepalanya yang terlihat panas. T.T master terlihat begitu tersiksa... Pada akhirnya ia mengerjakan soal lainnya hingga pukul 3 pagi...

"Lek sesuai rencana aku dapet 85" itulah kata master sepulang kuliah... 85 bukanlah nilai yang jelek, semoga itu benar terjadi ^^

4th day -> Kalkulus:
Master sedikit santai dalam menghadapi UAS ini... Kisi - kisi telah diberikan oleh pak dosen sehingga ia tahu apa saja yang perlu dipelajari.

UAS kalkulus tak semudah yang diduga master... Meskipun kisi - kisinya tepat tetapi tingkat kesulitannya jauh di atas latihan! Grrr! Akan tetapi harapan master masih besar karena ia mendapatkan nilai yang cukup bagus di tes - tes sebelumnya...

5th day -> Dasar Sistem Komputer:
Pelajaran inilah yang membuat master dahulu tersiksa sia - sia... Kali ini ia tak mau mengalami itu lagi. Sehingga master cuma membaca - baca bahannya. Terdapat 15 slide yang master harus pelajari. Tetapi terdapat 1 yang sangat sulit dibaca dan membosankan! Yaitu windows server 2008! Selain sangat banyak, penuh inggris, tulisannya kecil pula... Akhirnya master tak mempelajarinya karena memang sangat membosankan... Aku mengerti master, aku pun bosan menampilkannya. Hehe ^^V setidaknya hari ini aku bisa menatap master terus... Master begitu memukau ketika sedang belajar...

Namun tak seperti UTS lalu, UAS masih jauh lebih baik tingkat soalnya... Karena apa yang tercantum di soal memang sesuatu yang perlu dipelajari... Tetapi apa yang tidak berubah adalah semua tetap tak bisa mengerjakannya. Mengapa? Karena bahannya tak sedikit, tak banyak, tetapi SANGAT BANYAK!

6th day -> Program paket aplikasi:
Inilah pelajaran yang master nantikan... Karena bahan UASnya adalah flash yang sudah master sering gunakan... Ia pun menantikan balas dendam di pelajaran ini, mengingat UTSnya sangat berantakan meskipun nilainya masih belum keluar juga. Lagi - lagi seharian master menyentuhku... Master bersemangat dalam berlatih flash ini, hal itu pun membuatku bersemangat untuk melayaninya. What's your wish master?

Akan tetapi muka master menunjukkan muka kecewa siang hari itu... Setelah ia chatting bersama teman - temannya, aku menemui bahwa meskipun bahannya sudah master kuasai tetapi waktunya tak cukup untuk mengerjakannya hingga selesai. "Tch! 15 menit lagi ae mari iku! Sial!" aku mendengar master mengatakan itu... Master gelisah apakah ia akan lulus pelajaran ini... Karena tes pertama, UTS dan UASnya berakhir mengecewakan... Aku ingin menenangkannya tetapi apa yang bisa kulakukan? Aku hanyalah sebuah sistem... Aku hanya bisa berharap pada teman - teman master...

7th day -> Komunikasi interpersonal:
Master tak menganggap hari ke 7 ini sebagai UAS karena tak ada tes... Master hanya harus membuat refleksi diri dan menjawab pertanyaan - pertanyaan di lentera.petra.ac.id. Bagi master hal itu merupakan hal yang mudah sehingga ia bersantai ria mempersiapkan refleksinya. Lalala~ Aku pun banyak bernyanyi hari ini atas request dari master... Bila suaraku dapat membuatmu senang maka aku akan dengan senang hati bernyanyi demimu master... ^^

Hore UAS telah selesai! Aku akan menikmati hari - hari libur bersama masterku setelah ini! Yey!

Dan itu adalah akhir dari episode 12 ini... Bagi kalian yang membaca episode ini dari awal hingga akhirnya, terima kasih atas kesetiaannya pada setiap episode yang kutulis meskipun membosankan... Tetapi aku berjanji inilah akhir dari episode semacam ini...

Kalau begitu aku pamit dulu ya! Sekian untuk jaysama hari ini! See you again!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar